Saturday, October 24, 2009

Der Untergang

Gw selalu suka nonton film bertemakan perang, khususnya perang dunia ke 2. Bersifat heroik, tidak mudah putus asa, bagaimana para perwira menerapkan strategi berperangnya, mengambil keputusan-keputusan yang penting disaat genting itu adalah bagian yang paling gw suka. Sebagian besar keluarga gw pekerjaannya adalah mengabdi untuk negara ini, mungkin dari situlah gw punya rasa ingin tahu yang tinggi tentang perang. Gw ingin merasakan ikut berperang pada waktu perang dunia ke 2 heheheh…

Anyway, sesuai judul post ini ‘Der Untergang’ yang dalam bahasa inggris artinya down fall adalah sebuah film tentang kisah Mein Fuhrer Hitler di hari-hari terakhirnya sebelum bunuh diri di bunker tempat persembunyiannya. Film yang kalau tidak salah keluar di tahun 2006 ini benar-benar menceritakan secara detail bagaimana sang Fuhrer menjalani kehidupan di bunker kesayangannya. Film ini Disutradarai oleh Oliver Hirschbiegel dan dibuat berdasarkan buku yang ditulis oleh Traudl Junge, sekretaris pribadi Hitler di masa-masa terakhirnya. Junge sendiri wanita berasal dari munich.

Melalui film ini gw melihat Hitler sebagai sosok laki-laki yang sangat manusiawi. menyayangi Blondi anjingnya, memperlakukan wanita dengan sangat baik, memarahi para jendralnya ketika mereka tidak mematuhi perintahnya, kesedihan, bahkan ketakutan untuk menerima kenyataan bahwa Berlin akan jatuh ke tangan tentara Rusia dengan hitungan jam saja. Sang Fuhrer bahkan memerintahkan kepada pengikut setianya untuk pergi menyelamatkan diri dan meninggalkan dia sendiri. Bagi dia lebih baik bunuh diri dari pada menyerah, tidak ada kata menyerah bagi Hitler. Sebuah harga diri yang sangat tinggi.

Aktor Bruno Ganz yang berperan sebagai Hitler di film ini, mampu memerankannya dengan sangat baik. Ia seperti menghidupkan kembali Hitler dengan aktingnya. Rambut tipis belah pinggir, kumis khasnya, tangan kiri yang tremor, sedikit bungkuk karena usia yang menua dan jalan yang lambat benar-Benar diperankan sangat baik oleh Bruno. Untuk tingkat kemiripan wajah mungkin bisa dibilang 85 persen. ( pemeran film seri Band of Brothers menurut gw mempunyai tingkat kemiripan 99 persen dengan yang asli, hebat deh Stephen Spielberg hehehe..)

Dari sisi properti seperti baju tentara Nazi yang konon memiliki kualitas terbaik di dunia sampai saat ini ( di desain oleh Hugo Boss loh..) punya detail yang bagus dalam film ini. Untuk senjata gw tidak melihat para jendral atau perwira lainnya memakai pistol Luger, padahal setau gw pistol Luger primary weapon untuk para perwira tersebut.

Secara keseluruhan film ini cukup memuaskan gw yang begitu penasaran tentang kehidupan sang Fuhrer. selama ini kebanyakan gw nonton film tentang perang dunia ke 2 dari sisi sekutu aja.

Gw benar-benar suka dengan baju tentara Nazi tapi tidak dengan propaganda mereka hehehe…

No comments:

Post a Comment